26/11/2012

Pengertian Motherboard dan komponennya

Pengertian Motherboard - Motherboard bila diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia berarti Papan Induk dan biasanya juga disingkat dengan sebutan Mobo, yang berarti sebuah perangkat keras yang berbentuk seperti papan dan  telah ditambahkan program penggerak (chip bios) serta memiliki konektor sebagai penguhubung berbagai macam komponen elektronik sehingga dapat saling terhubung.   Sebagai contoh terdapat pada PC (Portable Computer) atau juga Macintosh.  Lihat contoh gambar motherboard berikut:

Motherboard merupakan salah satu komponen paling utama dari sebuah Komputer PC, karena Motherboard inilah yang menghubungkan semua komponen komputer sehingga secara keseluruhan dapat bekerja sama dan tentunya akan membuat komputer berjalan dengan lancar.

Komponen-Komponen Motherboard
  • Konektor Power (Power Connector)
Konektor power merupakan pin yang kegunannya untuk menghubungkan motherboard dengan power supply yang berada pada cassing komputer.
  • Socket atau Slot Prosesor
Slot Prosesor adalah tempat dimana diletakkannya Prosessor dan setelah prosessor terpasang akan ditambahkan kipas prossesor agar prosessor senantiasa dalam keadaan normal tidak terlalu panas.
  • North bridge controller
Northbridge dan Southbridge chip terdiri dari apa yang dikenal sebagai chipset pada komputer modern. Chipset bertanggung jawab untuk memfasilitasi komunikasi antar unit pemrosesan komputer (CPU) dan berbagai komponen pada motherboard, bertindak sebagai polisi lalu lintas dan pengendali. Karena Northbridge bekerja terus-menerus, hal itu dapat menjadi sangat panas dan dalam banyak kasus memiliki heatsink sendiri. Nama lain untuk Northbridge termasuk Memory Controller Hub (MCH) dan Integrated Memory Controller (IMC). (www.wisegeek.com)
  • Socket Memori
Tempat untuk mencolokkan RAM atau memori.
  • Konektor Floppy dan IDE
Sebuah konektor yang kegunaannya untuk menghubungkan motherboard ke hardisk dan juga floppy disk.  Kalau untuk komputer saat ini konektornya agak berbeda dengan konektor pada gambar diatas.
  • Standby Power LED
Lampu ini menyala jika terdapat standby power di motherboard. LED ini bertindak sebagai reminder (pengingat) untuk mematikan system power sebelum menghidupkan atau mematikan mesin. (wikipedia)
  • PCI slots
Kegunaanya PCL slot adalah untuk menambahkan perangkat tambahan ke motherboard biasanya digunakan untuk menambahkan VGA Card, Sound Card dan juga Modem.
  • PS/2 Mouse Port
Untuk mencolokkan Mouse type PS/2
  • Konektor keyboard
Untuk mengbungkan Keyboard type PS/2
  • USB
Untuk menghubungkan berbagai macam peralatan yang menggunaka USB seperti Flashdisk, Mouse dan Keyboard USB dan lainnya
  • Baterai CMOS
Kegunaanya baterai ini adalah sebagai tenaga cadangan ketika Motherboard tidak terhubung ke listrik.  sehingga semua data yang tersimpan didalamnya tidak terhapus atau terulang ke setelah awal.
Itulah Pengertian Motherboard dan  beberapa komponen-komponennya  baca juga pengertian prosesor dan  jenisnya semoga Bermanfaat.

0 comments: